Apa sih Kerangka Pikir Penelitian?

Apa sih Kerangka Pikir Penelitian?

Oleh : Agung Wahyudi Biantoro

Apa yang dimaksud dengan kerangka pikir ?  sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mahasiswa saat membuat skripsi.  Kerangka pikir adalah proses yang  sangat penting dalam menyusun suatu penelitian, karena dalam proses ini pembaca dapat mengetahui apa yang akan dilakukan oleh peneliti, dan bagaimana urutan penelitian  itu dilakukan.   Pada pembuatan skripsi dan tesis maka kerangka pikir ini biasanya masuk dalam Bab 1 akhir atau Bab 2 akhir.  Silakan kamu baca pedoman pembuatan skripsi atau tesis nah disitu ketahuan dimana letak / posisi Kerangka pikirnya.

Kerangka pikir penelitian merupakan urut-urutan logis dari pemikiran peneliti untuk memecahkan suatu masalah penelitian, yang dituangkan dalam bentuk bagan dengan penjelasannya.  Beberapa ahli memberi definisi sebagai berikut :

Menurut Muhamad (2009:75) Kerangka pikir adalah gambaran mengenai hubungan antar variabel dalam suatu penelitian, yang diuraikan oleh jalan pikiran menurut kerangka logis.   Menurut Riduwan (2004:25) Kerangka berfikir adalah dasar pemikiran dari penelitian yang disintesiskan dari fakta-fakta, observasi dan telaah penelitian.  Kerangka pikir memuat teori, dalil atau konsep-konsep yang akan dijadikan dasar dalam penelitian.   Uiraian dalam kerangka pikir ini menjelaskan antar variabel.

Selanjutnya menurut Sekaran  (1992:72) kerangka berpikir yang baik adalah memenuhi syarat sebagai berikut :

  1. Variabel penelitian diidentifikasikan secara jelas dan diberi nama
  2. Uraiannya menyatakan bagaimana dua atau lebih variabel berhubungan satu dengan lainnya
  3. Jika sifat dan arah hubungan dapat diteorikan berdasarkan penemuan dari penelitian sebelumnya, hal ini seharusnya menjadi dasar dalam  uraian kerangka berfikir apakah hubungan itu positif atau negatif
  4. Dinyatakan secara jelas mengapa peneliti berharap bahwa  hubungan antara variabel itu ada.
  5. Digambarkan dalam bentuk diagram skematis, sehingga pembaca dapat jelas melihat hubungan antar variabel

Pada analisis kuantitatif, kerangka pikir ini memuat latar belakang masalah, kemudian masalah yang diteliti, dan dilanjutkan dengan metode serta variabel penelitian.  Terakhir kerangka ini biasanya memuat tujuan penelitian, saran  atau kesimpulan penelitian.     Sebelum ataupun setelah dibuat bagan kerangka pikir penelitian, maka biasanya peneliti  membuat penjelasan runtut dan sistematis terkait dengan bagan yang akan / telah dibuatnya tersebut.

Berikut adalah contoh mengenai bagan kerangka pikir penelitian yang dirujuk  dari Deptan.  Contoh ini hanya diberikan dalam bentuk bagan skematis,  sedangkan untuk penjelasannya pembaca dapat menguaraikannya berdasarkan apa yang termuat dalam urut-urutan bagan tersebut.  Demikian mengenai Kerangka Pikir penelitian semoga dapat bermanfaat buat kita semua.

gambar12

Contoh Gambar  1.  Kerangka Pikir Penelitian riset Lingkungan Hidup

Kerangka Pikir 2

Contoh Gambar  2.  Kerangka Pikir Penelitian Usaha Tani


29 Comments

  1. Azuar

    terima kasih mas infonya …

  2. admin

    sama-sama mas Azuar. Terima kasih udah dateng
    bagaimana skripsinya apa udah selesai ya — Silakan kontak ya

  3. Alexandra

    Lain kali kalau ngutip dari buku, ditulis sumbernya ya.

  4. butuh bantuan untuk kerangka penelitian dengan judul “PELAKSANAAN DIKLAT PENJENJANGAN UNTUK PEGAWAI STRUKTURAL PADA PT. PERUSAHAAN GAS NEGARA (PERSERO) Tbk SBU I DW-JBB” gimana ya mas / mba?? ak bingung nih .. mana deadlinenya tinggal 3 hari lagi… (-_-)>
    mohon bantuannya ya..

  5. admin

    Ya mbak Lita
    bisa kirim email ringkasan bab 1 – 3 nya ke kami
    biar kita coba bantu buat coretan kerangka pikirnya
    terima kasih

  6. admin

    ya sudah kita buat rujukannya mbak
    silakan lihat pada kata yang diberi kurungan. Ada khan dan bisa ditelusuri …
    terima kasih

  7. nanya ya,,, bedanya kerangka pikir ma metodologi penelitian apa???

    kalo d tempat saya dibedain antara kerangka pikir dan metodologi penelitian…
    kalo yang seperti di Gambar1 Skema Kerangka Pikir itu, d skripsi saya dinamakan metode penelitian…. lalu kerangka pikir yang seperti apa?

    thanks…

  8. Halo Mbak Ike
    Kerangka pikir penelitian adalah konsep alur pikir kita secara sistematis, dan dituangkan dalam diagram flow dari awal hingga akhir. Dalam kerangka pikir bisanya disebutkan rumusan masalahnya, analisis statistiknya (bila kuantitatif) atau metode penelitian (bila kualitatif), variabel yang diteliti hingga kesimpulan. Menurut Muhamad (2009:75) Kerangka pikir adalah gambaran mengenai hubungan antar variabel dalam suatu penelitian, yang diuraikan oleh jalan pikiran menurut kerangka logis. Menurut Riduwan (2004:25) Kerangka berfikir adalah dasar pemikiran dari penelitian yang disintesiskan dari fakta-fakta, observasi dan telaah penelitian. Kerangka pikir memuat teori, dalil atau konsep-konsep yang akan dijadikan dasar dalam penelitian. Uraian dalam kerangka pikir ini menjelaskan antar variabel.

    Sedangkan metode penelitian adalah metode yang kita gunakan dalam penelitian. Bisa menggunakan metode analisis kualitatif dan bisa metode kuantitatif (angka statistik). Silakan cek artikel kami terdahulu. Terima kasih sudah mampir mbak…

  9. Mksh mas..

  10. tolong doanya biar selesai tesisnya. . .

    maksih infonya.

  11. saya mw tanya nihh.,,
    kerangka pemikiran untuk judul “pengaruh alokasi pajak antar perioda berdasarkan PSAK no.46 terhadap koefisien respon laba akuntansi(ERC)” apa ya?? yg buat hipotesis 2 & 3..
    tolong bantu saya ya mas..
    makasih…

    oiya,mnta email mas,skalian..

  12. saya mw tanya nihh.,,
    kerangka pemikiran untuk judul “pengaruh alokasi pajak antar perioda berdasarkan PSAK no.46 terhadap koefisien respon laba akuntansi(ERC)” apa ya?? yg buat hipotesis 2 & 3..
    tolong bantu saya ya mas..
    makasih…

    oiya,mnta email mas,skalian..

  13. irfan syahuji

    mas/mbak…mohon bntuan nya..
    kerangka bepikir untuk judul skripsi” STUDI DESKRIPSI TINGKAT KESEGARAN JASMANI PADA SISWA SMA KELAS XI”
    Saya masih bingung…thanks

  14. nhya

    bantu aku donk…. aku bingung kerangka berpikir skripsi yg aku buat…. mnrt aku c kerangka berpikir ma tujuan sama aja…. :)

  15. admin

    Halo mas Ardi maaf baru dijawab saat ini
    Kerangka pikir adalah bagan alur dan urutan kegiatan yang ada dalam penelitian dari awal hingga akhir
    sesuai dengan tema penelitian. Jangan lupa untuk sertakan nama variabel yg diteliti dan metode yang digunakan
    Hipotesis misalnya : Diduga terdapat pengaruh alokasi pajak antar perioda berdasarkan PSAK no.46 terhadap koefisien respon laba akuntansi (ERC)
    terima kasih

  16. info yg menarik tapi aku masih bingung buat kerangka berfikir, bisa tolongin aku ngga bang/mba….plizzzz…..

  17. Ya mas kerangka pikir digunakan sebagai alur proses berfikir dari awal penelitian hingga akhir dalam bentuk bagan. Disitu ada masalah, metode dan variabel yang digunakan hingga kesimpulan dan saran. Coba aja dulu mas spt yg telah dijelaskan dalam artikel ini, dan berikan ke dosen. Semoga sukses ya. Trm kasih

  18. Ya mas adam kita doakan cepat selesai tesisnya ya . tx a lot

  19. ya utk Studi itu maka buat kerangka pikir : Silakan cari masalahnya, lalu buat metodenya dan variabelnya. Kemudian pembahasan, kesimpulan dan saran.
    Buat urutan tersebut dalam bentuk kotak2 bagan yg alur panahnya ke bawah. Jangan lupa beri keterangan dan penjelasannya dibawah bagan tsb. OK mas . Tx ya

  20. OK mas Igum sama2 ya tx

  21. Tidak sama mbak silakan lihat artikel kami . tx

  22. mas…bisa bantuin g???gmn caranya bkin kerangka pemikiran yang judulnya ttg motivasi petani melakukan usahatani jagung.

  23. kerangka berpikir itu ada kaitannya atau sama dengan latar belakang tidak??

    kira2 kerangka berpikir untuk “penggunaan media yang mengandung pupuk organik berbeda terhadap pertumbuhan bayam cabut” gmn ya? pupuk organiknya ada kompos, kandang dan kascing…

    mohon bimbingannya…trmksh..

  24. maaf tdi saya tidaj membaca disalah sat paragrafnya,,ternyata latar belakng itu trmsuk dlm kerangka berpikir juga yaa,,,hhee…

    di atas dijlskan, bhwa dlm kerangka berpikir itu terdapat rumusan masalah,apakh rumusan masalh itu jawabannya (hipotesis) dicantumkan pada bagan juga dlm kerangka berpikir?

    trmksh..

  25. Triana

    Mas/Mba tolong bantu tuk kerangka pikir ” Respon Akuntan terhadap Undang Undang Akuntan Publik 2011( terbaru)

  26. bisa minta bantuan contoh konsep penelitian untuk judul skripsi replikasi saya ” Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi pinjaman daerah”

  27. admin

    ya bisa mbak
    ya mbak Fayra konsepnya sama saja : bisa dibuat dalam bentuk narasi atau boks kemudian diberikan anak panah ke bawah : misalnya dari pendahuluan, latar belakang, masalah yang terjadi, lalu identifikasi masalah. Lalu buat rumusan masalah dan dilanjutkan dengan metodologi untuk menjawab masing2 rumusan masalah. terakhir buatlah pembahasan dan kesimpulan dan saran. Jangan lupa masukkan teori mengenai motivasi dan usaha tani. terima kasih semoga sukses.

  28. admin
  29. admin

    Halo mbak Mia
    rumusan masalah sebaiknya dicantumkan dalam kerangka pikirterima kasih

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline