TIPS DAN TRIK PRESENTASI SIDANG SKRIPSI / TESIS

TIPS DAN TRIK PRESENTASI SIDANG SKRIPSI / TESIS

TIPS PRESENTASI SIDANG SKRIPSI / TESIS

 

Berikut adalah berbagai tips untuk para mahasiswa S1 / S2 sebelum  melakukan presentasi di depan para penguji para dosen, pembimbing skripsi.  Semoga bermanfaat :

 

1.      Berdoa kepada Tuhan, sebelum melakukan presentasi.  Ini wajib dilakukan oleh presenter, sebelum melakukan aktivitas.  Khusus muslim bacalah bismillah.  Bacalah doa seperti halnya Doa Nabi Musa saat dihadapkan dengan Firaun yang notabene bapak angkatnya, bisa kita lantunkan:

Robbisrohli sodri wa yassirli amri, wah lul ‘uqdatan min lisaani yafqohu qouli,  artinya :

“…..Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku…..”

Amiiin Yaa Robbal’aalamiin

Yakinlah apa yang penulis lakukan adalah dengan niat baik, niat karena Allah SWT, sang pemilik dan penguasa alam semesta dan isinya.  Jangan niat yang lain-lain, niatlah karena penulis ingin segera lulus karena Allah SWT,  segera mengamalkan ilmu penulis sesegera mungkin, semua itu karena Allah SWT.

2.      Datanglah sekitar 1 jam lebih awal sebelum melakukan presentasi. Jangan datang terlambat karena akan merusak suasana ujian dan menurunkan nilai Anda dimata para penguji.  Siapkan materi/bahan presentasi dan peralatan yang diperlukan, jangan lupa membawa flash disk dan data cadangan.

3.      Bedakan materi presentasi dengan makalah skripsi . Materi presentasi dan makalah skripsi adalah dua hal yang berbeda, walaupun topiknya sama.  Pada  umumnya dosen penguji telah memegang dan membaca makalah skripsi tersebut, sebelum diadakannya sidang ujian.

4.      Gunakan Microsoft Power Point sebagai alat presentasi visual.

Media untuk menampilkan memegang peran sangat penting, apakah penulis akan memakai plastik transparansi atau audio-visual dengan komputer dan in-focus (projector).  Untuk sekarang sebaiknya  jangan menggunakan plastik transparansi, karena sudah KUNO.  Jangan berlebihan presentasi dengan menggunakan program animasi misalnya dengan menggunakan program Macro media, Animator  atau program animasi semacamnya karena kelihatan akan berlebihan mengganggu.   Cukuplah gunakan Power point dengan sentuhan gambar, tabel, grafik warna yang menunjang, dan ada pokok-pokok kalimat yang dipentingkan untuk ditampilkan.

 

5. Gunakan font tulisan dan ukuran yang tepat

Font dan ukuran adalah dua hal penting yang perlu diperhatikan.  Pemilihan font dan ukuran yang salah maka otomatis presentasi anda akan tidak efektif.  Tidak membantu bahkan menyulitkan / mengganggu presentasi anda.  Selama ini hanya ada dua font yang sering dipakai, baik pada bahasa tulis maupun presentasi, yaitu font TIMES NEW ROMAN (TNR) dan ARIAL.  Ukuran yang digunakan biasanya adalah  minimal 16 point sampai dengan , maksimal 36 point.

 

6. Paragraf atau kalimat.

Makalah yang digunakan dalam presentasi, gunakan paragraf yang pendek-pendek, jangan terlalu panjang, yang penting-penting saja yang ditampilkan.  Dalam presentasi maka keberadaan presenter di sana adalah perlu.  Bila ada yang kurang jelas sedikit maka penulis (presenter) bisa menjelaskan secara lisan.

 

7. Ingat nama dan sebutkan semua gelar

Ini juga penting.  Orang itu berbeda karena ia mempunyai nama, dan setiap nama adalah unik.  Oleh sebab itu saat pembukaan sebutlah nama moderator, dosen pembimbing dan penguji lengkap dengan gelarnya.  Salah satu yang dibanggakan oleh dosen adalah gelar yang banyak, dan bila perlu sebutkan haji bila ia pernah naik haji.  Dengan demikian ada kesan akrab, friendly, sudah terkenal, dan dihormati. Ini sangat penting untuk diketahui dan dihafalkan.  Oleh sebab itu tanyalah pada bagian Tata usaha atau  Panitya ujian, dan hafalkan lebih dahulu nama dosen penguji, lengkap dengan gelarnya.

 

8. Buatlah presentasi sederhana  

Buatlah presentasi yang sederhana seperti  Google.  Jangan terlalu banyak animasi dalam tampilan.  Pilihlah warna yang kontras, sehingga materi mudah dipahami. Jangan terlalu banyak warna.  Gunakan hanya warna utama dasar yaitu hitam, biru tua, merah tua dan hijau tua untuk teks latar depan, sedangkan warna yang lembut atau yang tidak tegas seperti putih kuning, biru muda dan warna-warna muda sebaiknya dipakai sebagai latar belakang teks presentasi.

 

9. Isi, urutan presentasi.

Materi yang dipresentasikan juga dapat digunakan sebagai timer agar presentasinya tepat waktu.  Dalam hal isi maka kelihatannya tidak jauh berbeda dengan penulisan makalah tulis, yaitu mulai dengan : 1.  Pendahuluan,  2.  Isi yang akan disampaikan, 3.  Kesimpulan.  Waktu yang digunakan untuk presentasi biasanya sekitar 15 hingga 20 menit.

 

10. Siapkan untuk hal-hal yang tak terduga.

Siapkan untuk hal yang mendadak seperti kertas buram yang berisi panduan  rumus-rumus, kata kunci,  bagan-bagan tertentu dan sebagainya.  Jangan lupa bawa USB-flashdrive cadangan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.  Jika tempatnya presentasi belum pasti, usahakan membawa laptop sendiri.  Kesiapan materi ini penting, jangan sampai anda ditempat presentasi ternyata ada masalah.  Keringat dingin keluar, panik akhirnya percaya diri  yang sudah disiapkan jauh-jauh jadi hilang.  Bayangkan  Anda di depan, sudah ditunggu oleh para hadirin (penguji atau pendengar) dan tidak ada masalah dengan teknologi yang dibawa.

Sebelum dimulai sebaiknya dilakukan uji coba LCD in-focus yang akan digunakan apakah sudah berjalan baik atau belum.  Bila ada masalah cobalah minta bantuan teknisi.

11. Tampilan diri.

Pakailah sesuatu yang baru sebelum ujian, misalnya dengan memakai pakaian baru, kaos kaki baru dan sepatu baru.   Kalau perlu semuanya baru, baru dibeli dari atas ke bawah, bila mencukupi dananya. Tapi bila tak cukup dana, maka minimal belilah sesuatu yang baru misalnya sapu tangan yang baru.  Mengapa harus ada sesuatu yang baru ? Ya sebab kalau memakai sesuatu yang baru dapat menimbulkan semangat, walaupun tidak selalu.   Namun sekali lagi, bila  tak cukup dana, maka minimal pakailah pakaian bersih, formal dan wangi. Ini menimbulkan kesan percaya diri bersemangat, sehat, rapi dan sopan. Pakailah pakaian yang membuat percaya diri, jadilah diri anda sendiri. Dari pengalaman menunjukkan bahwa pakaian yang netral untuk presentasi adalah setelan jas warna gelap, baju putih dan dasi, atau bisa pula setelan baju lengan panjang polos (Bisa gelap atau putih) dan dasi.

 

12. Kenali Lokasi / ruangan tempat presentasi  

Sebelum Anda bertempur, maka kenali dulu keadaan sekeliling. Dari segi fisik carilah lokasi ruangan yang akan digunakan untuk sidang / presentasi. Kalau bisa coba peralatan yang ada semisal proyektor / in-focus, mic, komputer dan saklar dan kabel-kabel.  Pastikan semuanya berfungsi dengan baik.   Lihat pula perkiraan tempat duduk moderator, pembimbing dan penguji.   Renald Khasali menyatakan bahwa sebelum melakukan presentasi : ”periksalah kedalaman sungai ”. Maksudnya tidak ada salahnya mengetahui latar belakang penguji : apakah ia dari Prof, Dr atau Magister ? Apakah ia dosen statistik, manajemen, akuntansi, sosial atau teknik (sesuai dengan fak penulis) ?

13. Jangan gugup saat menjawab

Saat terjadi interaksi dan sesi tanya jawab antara presenter dengan penguji, berlakulah sopan, percaya diri, dan jangan gugup. Wajah jangan tegang. Dosen akan menanyakan apa yang Anda tulis di buku skripsi Anda. Mengapa ini begini, mengapa ini begitu. Jawablah semua pertanyaan dengan jawaban dengan baik dan tegas, jangan hanya diam. Jangan bilang tidak tahu. Jelaskan saja apa yang Anda tahu dan mengapa Anda menulis demikian.

 

14. Bila telah selesai, ucapkan terima kasih kepada para moderator dan penguji.

Contohnya seperti ini. “Demikian skripsi / thesis ini kami sampaikan. Terima kasih banyak kepada dewan penguji dan moderator dapat datang untuk menguji dan memberi masukan kepada saya. Semoga apa yang telah saya sampaikan dan masukan-masukan dari dewan penguji dapat bermanfaat saya dan masyarakat akademik dan umum. Kurang lebih saya mohon maaf. Terima kasih banyak. Wassalamualaikum WW”. Lalu penulis keluar, jangan lupa tersenyum dan bersalaman dengan para penguji dan moderator. Lalu jangan lupa berdoa, semoga ujian dapat lulus dengan nilai baik. Amiien.

 

 

1 Comment

  1. Terimakasih banyaaak,,,

    sangat membantu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline