MACAM-MACAM VARIABEL

Variabel adalah suatu peubah penelitian yang dapat diukur.  Variabel juga dapat didefinisikan sebagai atribut seseorang yang atau objek yang mempunyai variasi antara satu orang dengan yang lain atau suatu objek dengan objek yang lain.

Dalam penelitian, setelah memperoleh pengertian tentang konsep dan definisi operasional    variabel,  langkah berikutnya adalah menentukan variabel yang memiliki hubungan  antar variabel yang satu dengan variabel lain. Berikut adalah  macam-macam variabel dan bisa dibedakan menjadi :

a. Variabel Independent. Variable independent atau variable bebas, atau peubah bebas   sering juga disebut dengan variabel stimulus, atau predictor, atau variabel antecedent. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, variabel independent disebut juga sebagai peubah bebas. Peubah bebas ini adalah merupakan peubah yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab terjadinya perubahan terhadap peubah tak bebas. Atau yang menyebabkan terjadinya variasi bagi peubah tak bebas (variabel dependent).
b Variabel Dependent. Variabel dependent, dalam bahasa Indonesia sering disebut sebagai peubah tak bebas, variabel output, criteria, atau konsekuen. Variabel ini sering disebut sebagai peubah tak bebas, atau  variabel terikat. Variable terikat atau peubah tak bebas ini merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variable sebab atau peubah bebas.
c. Varibel Moderator. Variabel moderator adalah peubah yang mempengaruhi (memperkuat atau memperlemah) hubungan antara variabel independent dengan variabel dependent. Variabel ini sering disebut juga sebagai peubah bebas kedua.  Bila suami istri mempunyai anak, maka anak dapat disebut sebagai variabel moderator, karena dapat memperkuat hubungan emosional antara suami dan istri
d. Variabel Intervening. Variabel intervening adalah peubah yang secara teoritis mempengaruhi (memperlemah dan memperkuat) hubungan antara variabel independent (peubah bebas) dengan variable dependent (peubah terikat), akan tetapi tidak dapat diamati dan diukur secara matematis.
e. Variabel Kontrol. Variabel kontrol  adalah peubah  yang dikendalikan atau dibuat konstan sehingga pengaruh variabel independent (peubah bebas) terhadap variabel dependent (peubah tak bebas) tidak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati. Variabel kontrol ini sering digunakan dalam penelitian komparatif, yang bersifat melakukan perbandingan. 

Sumber : suhartoumm.wordpress.com

11 Comments

  1. sasonk

    thanks all

  2. salam. .
    bagaimana cara agar alasan saya tepat dalam penggunaan variabel kontrol, jika judul penelitian saya, ,
    penelitian saya menggunakan replikasi dari penelitian: Analisis Fundamental(Rasio PER, DER, PBV dan ROE) terhadap return saham pada periode bullish dan bearish indeks harga saham gabungan”
    judul saya yaitu Pengaruh PER dan nilai tukar rupiah terhadap return saham pada periode bullish dan bearish IHSG, dengan menggunakan variabel control atas DER dan ROE, , ,
    tolong ditanggapi alasan yang benar dalam penggunaan variabel control tersebut, apakah benar pemakaian dalam variabel kontrol tersebut dalam penelitian saya!!!
    sebelumnya terima kasih atas infonya

  3. makasiih infonya :)

  4. sama-sama mbak

  5. sama-sama mas

  6. Boleh minta contoh V.Independen dan V.Dependen ga?
    Trimakasih

  7. parjo

    trimakasih infonya

  8. kurdi

    k ngak ada skripsi tentang pertanian, tolong juga dikasih tentang pertaniannya dounk…………

  9. Sama-sama mas
    terima kasih sudah mampir ke web kami

  10. Skripsi pertanian … waduh saya juga kangen nih mas sama skripsi pertanian perkebunan
    insya allah saya akan cek
    terima kasih

  11. ya DER dan ROE bisa digunakan variabel kontrol mbak. tx

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

SEO Powered by Platinum SEO from Techblissonline